Cara Alami Menghilangkan Ketombe dengan Garam Dapur

Cara menghilangkan ketombe dengan garam adalah salah satu cara perawatan rambut alami yang memanfaatkan bumbu dapur. Selain garam, bumbu dapur lain yang bisa Anda pakai untuk jenis perawatan yang sama adalah cuka putih, soda kue dan juga minyak Almond.

Nah, kali ini kita akan fokus membahas bagaimana cara efektif menghilangkan ketombe secara alami dengan garam dapur.

Ketombe memang bukan penyakit yang ganas dan mematikan. Akan tetapi keberadaan ketombe sangat meresahkan utamanya bagi seorang publik figur seperi artis dan juga model.

Dampak negatif bercokolnya ketombe di kepala kita adalah:
  • Rasa gatal berkepanjangan
  • Anda selalu ingin menggaruknya baik dengan jari tangan atau benda-benda tajam lain agar lega.
  • Hasil garukan yang berlebihan dengan kuku yang lancip atau benda tajam akan membuat iritasi pada kulit kepala Anda. Tidak jarang iritasi ini juga memunculkan flek. 
  • Tidak percaya diri jika akhirnya ketombe berjatuhan di baju Anda. Apalagi jika warna baju yang Anda pakai kontras dengan warna ketombe.
  • Sulit konsentrasi ketika kulit kepala terasa gatal. Ini tentunya akan mengganggu aktivitas Anda dimanapun dan kapanpun.
  • Memunculkan rasa bad mood.


Meski terbilang sepele, dengan mengetahui hal tersebut keberadaan ketombe pada kulit kepala Anda berdampak cukup signifikan, bukan? Untuk itu Anda harus memilih langkah yang tepat untuk mengatasi masalah kulit kepala yang menjengkelkan ini. Salah satunya adalah dengan menerapkan cara mudah menghilangkan ketombe dengan memanfaatkan garam dapur.

Garam dapur merupakan hasil dari pengkristalan air laut yang dijemur dalam kurun waktu tertentu dibawah sinar matahari yang terik. Rasanya tentu asin dan merupakan salah satu bahan masakan pokok yang dipakai di semua negara di dunia. Fungsi garam dapur sebagai penghilang ketombe menurut sejarahnya telah banyak diterapkan oleh penduduk di sekitar pantai pada zaman dahulu.

Saat ketombe muncul, mereka akan pergi ke tepi pantai. Meraup sedikit air laut (yang merupakan bahan utama pembuatan garam) lalu menggosoknya tepat di area yang sarat ketombe. Hingga saat ini, penggunaan garam sebagai bahan penangkal ketombe masih dilestarikan.

Cara menghilangkan ketombe pada kulit kepala Anda dengan garam dapur sebagai bahan utamanya bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Siapkan garam dapur minimal 2 sendok dan maksimal 5 sendok
  • Rebus air bersih lebih kurang satu gayung. Setelah mendidih diamkan sejenak sampai air tersebut hangat-hangat kuku ketika disenuh (terlalu panas akan merusak epidermis kulit kepala Anda dan terlalu dingin akan membuat garam sulit terserap pori-pori kulit).
  • Larutkan 2-5 sendok garam ke dalam air hangat tersebut lalu aduk hingga merata.
  • Siramkan pada bagian yang penuh ketombe.
  • Pijat-pijat pada bagian yang gatal sehingga larutan garam akan lebih cepat bereaksi.
  • Untuk melakukan penyiraman dan pemijatan Anda bisa meminta bantuan orang lain agar larutan tersebut tepat sasaran dan bekerja secara maksimal.
  • Lakukan threament ini berulang-ulang sampai Anda mendapatkan hasil yang maksimal.


Ini adalah cara alternatif menghilangkan ketombe yang bisa Anda terapkan jika Anda tidak ingin memanfaatkan penghilang ketombe dengan bahan kimia sebagai komposisi utama.

Jika cara ini kurang efektif, cobalah dengan menggunakan bahan dapur lain.


Namun jika ketombe Anda sudah tergolong parah dengan flek hasil garukan yang sulit dihilangkan dan super gatal, segera konsultasikan hal ini ke pihak medis. Demikian cara menghilangkan ketombe dengan garam dapur, semoga bermanfaat.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari www.penyebabketombe.com:

0 Response to "Cara Alami Menghilangkan Ketombe dengan Garam Dapur"

Post a Comment