Ketombe adalah Sejenis Jamur

Ketombe adalah masalah yang seringkali menimpa kita, yang membuat kita jengkel. Penyebabnya adalah karena dengan adanya ketombe tersebut dapat membuat kita kehilangan kepercayaan diri. Penampilan kitapun akan berkurang pointnya,  karena ketombe yang tumbuh membandel.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana caranya mengatasi ketombe dengancepat, maka tidak ada salahnya kita membahas terlebih dahulu apa itu ketombe. Apa yang dimaksud dengan ketombe, mengapa bisa tumbuh.

Yang dimaksud dengan ketombe di sini adalah serpihan-serpihan kecil berwarna putih yang tumbuh di permukaan kulit kepala. Serpihan-serpihan ini pada mulanya berasal dari zat minyak yang tumbuh terlalu banyak di kulit kepala kita.

Selain minyak, terdapat pula semacam zat organisme yang kecil sekali bentuknya, yang juga ada di kulit kepala. Zat organisme inilah yang kita sebut juga dengan jamur. Jikalau jamur ini sudah menyerang kulit kepala kita, maka akan menyebabkan luka.

Kulit kepala mengelupas, menimbulkan serpihan-serpihan putih tadi. Yang terjadi pada banyak orang, serpihan-serpihan tadi sangat mengganggu, menimbulkan rasa gatal yang teramat sangat. Jika terganggu maka berpengaruh sekali terhadap sel-sel kulit. Sel kulit akan berkumpul di kulit kepala, berubah menjadi ketombe.

Ketombe bisa menyerang siapa saja, tua maupun muda. Karena penyebab tumbuhnya ketombe itu sendiri bukan hanya karena terlalu seringnya kita keramas, atau karena kurang bersihnya kita dalam mencuci rambut, ataupun karena jenis rambut kita yang kering.

Namun yang lebih utama lagi penyebabnya adalah karena tumbuhnya jamur yang ada di permukaan kulit kepala kita. Jamur yang merusak yang terdapat pada kulit kepala kita tadi dinamakan jamur Pityrosporum Ovale.

Jamur yang tumbuhnya hanya sedikit di kulit kepala kita tidak akan menimbulkan ketombe. Tetapi jamur akan berkembang biak secara cepat dan tumbuh menjadi ketombe apabila terjadi perubahan pada kondisi kejiwaan kita, misalnya jikalau kita sedang stres.

Bukan hanya stres, kondisi cuaca yang tidak stabil, di mana kadang-kadang terasa panas sekali, kadang-kadang turun hujan secara mendadak, juga menjadi penyebab tumbuhnya jamur.  Hal itulah yang mendatangkan rasa gatal pada kulit kepala, sehingga memicu timbulnya ketombe tersebut.

Ketombe adalah Masalah yang Sangat Mengganggu


Di atas tadi sudah diterangkan secara singkat apa itu arti dari ketombe. Untuk lebih gampangnya saya jelaskan bahwa ketombe terjadi karena mengelupasnya kulit  kepala kita. Yang menjadi penyebabnya adalah karena kulit kepala kita ditumbuhi oleh mikro organisme yang sangat banyak.

Organisme yang sangat kecil tersebut atau yang kita sebut namanya dengan jamur, bisa tumbuh karena banyaknya zat minyak yang ada di atas kulit kepala kita. Sel-sel kulit mati tadi tumbuh menjadi serpihan-serpihan kecil, yang kita kenal sebagai ketombe.

Ketombe yang membandel tadi biasanya tidak hanya tumbuh di atas kulit kepala kita saja, tetapi seringkali sampai jatuh mengenai pakaian kita, pada bahu kita. Hal itulah yang menyebabkan rasa nyaman dan percaya diri kita terganggu.

Dengan banyaknya ketombe yang terlihat pada pakaian kita, akan menyebabkan gangguan yang teramat sangat pada segala aktifitas kita sehari-harinya. Kita akan selalu terus-menerus membersihkan ketombe-ketombe yang ada tersebut. Pekerjaan kita yang utama akan menjadi terbengkalai.

Ketombe yang tumbuh membandel ini juga akan mempengaruhi kondisi kejiwaan kita. Konsentrasi kita akan sangat terganggu. Kita tidak akan dapat fokus pada pekerjaan kita. Karena yang kita lakukan adalah bagaimana caranya supaya ketombe-ketombe itu tidak terlihat lagi di pakaian kita.


Berdasarkan uraian-uraian yang ada di atas tadi, sedikit banyak kita telah mengetahui mengapa ketombe bisa tumbuh, bisa mengganggu kita dan Apa yang menjadi penyebab utama timbulnya ketombe. Jadi ketombe adalah sel-sel kulit mati yang tumbuh di permukaan kulit kepala.

Silahkan submit email anda untuk mendapat update artikel terbaru dari www.penyebabketombe.com:

0 Response to "Ketombe adalah Sejenis Jamur"

Post a Comment